Gunakanlah Waktu Panjenengan Untuk Ibadah

Kamis, 15 Desember 2011

Belajar Iqro


Belajar Iqro kini menjadi lebih menyenangkan dengan hadirnya Qronis. Qronis adalah sebuah program belajar Iqro yang disertai dengan animasi. Metode yang dipakai metode Iqro yang terdiri dari tiga tahap belajar huruf, tanda-tanda dalam huruf arab seperti fathah , kasroh dan dhommah dan tahap terakhir merangkai huruf hijaiyah.

Tapi yang membedakan dengan metode Iqro biasa adalah dengan adanya gambar animasi yg akan membuat anak-anak semakin bersemangat belajar membaca alquran. Metode ini diciptakan oleh 5 orang mahasiswa STT Telkom Bandung. Metode Qronis ini bisa dipelajari gratis secara online ataupun di download melalui websitenya www.qronis.web.id


Qronis adalah metode pembelajaran membaca Al Qur'an baru dengan dengan pendekatan Iqro Animasi. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran Qronis (Iqro Animasi) ini berupa CD interaktif dan halaman website. Hal ini dimaksudkan agar pengaksesan program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, sehingga terbentuklah karakteristik masyarakat yang tidak hanya ahli dalam IPTEK tetapi juga IMTAQ.

Qronis: Iqro Animasi, belajar iqro, belajar membaca huruf hijaiyyah untuk anak-anak dengan animasi flash.
Belajar dasar-dasar membaca Al-Quran, mengenal huruf-huruf hijaiyyah, belajar cara membaca huruf hijaiyyah dan cara mengucapkan huruf hijaiyyah (yang merupakan unsur pembentuk kata dalam bahasa arab)

Qronis. Yup, qronis. Kali ini saya ingin membahas tentang qronis. Ingat ya, qronis bukan kronis. Karena ‘qronis’ dengan ‘kronis’ memiliki makna yang sangat berbeda tentunya.
Menurut KBBI Daring, kronis diartikan sebagai berikut:

kro·nis a 1 terus-menerus berlangsung; tahan dl waktu yg lama (tt keadaan); 2 berjangkit terus dl waktu yg lama; menahun (tt penyakit yg melanda diri seseorang) yg tidak sembuh-sembuh

Sedangkan qronis yang saya maksudkan merupakan sebuah akronim dari Iqro Animasi. Jadi, qronis ini merupakan suatu program aplikasi komputer untuk memudahkan belajar membaca Al-Qur’an dengan metode iqro. Qronis ini ditujukan untuk anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa yang belum bisa membaca Al-Qur’an untuk mencobanya.

Qronis sangat cocok digunakan bagi mereka para pengajar TPA maupun guru mengaji anak-anak. Tapi, tentunya harus dijalankan dengan komputer. Bisa digunakan sebagai variasi dalam metode pengajaran iqro, sehingga anak-anak pun ikut senang. Mereka serasa diajak bermain sekaligus belajar.

Jadi tunggu Apalagi
Download Sekarang Juga y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar